Beda Tipe Semennya, Beda Juga Kegunaannya

Dalam proses pembangunan rumah atauapun pembangunan gedung, bahan yang harus disiapkan adalah semen, dimana fungsi dari semen untuk membuat struktur bangunan menjadi kokh tegak dan berdiri. Tentunya dalam hal ini ada berbagai macam semenĀ  dan merek yang harus diperhatikan dan tentunya harus diketahui sesuai dengan kualitas yang ingin digunakan. Sejatinya semen dikenal dikalangan masyarakat umum adalah serbuk yang dicampur dengan air yang kemudian menjadi perekat untuk pemasangan material batu, batu bata, dan pasir.

Adapun jenis-jenis semen yang perlu diketahui untuk membangun rumah adalah sebagai berikut:

  1. Semen Portland

Semen Portland sangat umum digunakan oleh masyarakat untuk pembangunan baik berupa pembangunan rumah, pembangunan jalan, dan pembangunan pemukiman warga. Dalam hal ini semen Portland memiliki beberapa tipe diantaranya

  • Semen Portland Tipe I
  • Semen Portland Tipe II
  • Semen Portland Tipe III
  • Semen Portland Tipe IV
  • Semen Portland Tipe V
  1. Semen Campur

Semen campur atau semen pcc biasa digunakan untuk pembuatan beton, pemasangan batako, batu-bata, plesteran dan paving block.

  1. Semen Mortar atau Semen Putih

Semen ini biasa digunakan untuk proses tahapan finishing bangunan seperti melapisi sambungan keramik, acian maupun keperluan dekorasi. Semen putih ini memiliki kemampuan daya perekat yang sangat tinggi sehingga bisa menempelkan furniture tertentu dalam rumah selain itu semen putih juga cukup kuat dalam struktur bangunan.

Adapun Beberapa Manfaat Kegunaan Semen Antara Lain

  • Untuk Membangun Rumah

Dalam hal ini semen yang sering digunakan untuk membangun rumah adalah semen Portland tipe I karena sifatnya hidrolis yang biasa digunakan untuk merekatkan batu bata, batako maupun bahan material lainnya.

  • Untuk Pembuatan Jembatan

Dalam pembuatan jembatan tipe semen yang digunakan adalah semen portland tipe V yang kadar sulfat nya tinggi sehingga cocok dalam pembangunan tanah atau air sehingga menjadi jembatan yang kokoh dan kuat.

  • Pembuatan Saluran Irigasi

Dalam hal pembuatan saluran irigasi tipe semen yang sering digunakan adalah semen portland tipe II karena tahan sulfat dan panas sehingga sangat cocok untuk pembuatan saluran irigasi.

  • Pembuatan Jalan Raya

Pembuatan jalan raya adalah untuk mempermudah semua kalangan untuk dapat menggunakannya sebaik mungkin tapi dalam pembuatan jalan raya penting dalam memilih tipe semen yang harus digunakan supaya hasilnya juga baik. Dalam hal ini semen yang sangat tepat digunakan untuk pembangunan jalan raya adalah semen portland tipe III karena tekanan awal nya sangat tinggi untuk pengecoran sehingga cepat mengering.

 

Bagiamana ? Sudah mengetahui tipe-tipe semen dan kegenuanannya ? Jangan samapai salah ya Sahabat, pengetahuan kita terkait material bangunan itu sangat penting.

Semoga Bermanfaat !

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top