Yuk ! Ketahui Jenis-Jenis Triplek Sebelum Membangun Rumah

Triplek adalah salah satu bahan bangunan yang sangat populer dan sering digunakan dalam suatu pembangunan terutama dalam membangun rumah. Triplek atau disebut juga sebagai plywood adalah sebuah papan pabrikan yang dibuat dari beberapa lapis kayu veneer yang direkatkan secara bersama-sama agar menjadi sebuah papan. Material tersebut adalah salah satu produk hasil olahan kayu yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan. Papan tersebut menjadi sangat diminati karena sifatnya yang fleksibel sehingga sangat memudahkan untuk dibentuk menyesuaikan dengan kebutuhan

Kayu triplek bisa dimanfaatkan sebagai material bangunan dengan tingkat implementasi yang sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa pemanfaatan triplek dalam pembangunan rumah Anda:

  • Medium Density Fiberboard atau MDF

Jenis triplek ini adalah kayu lapis yang dibuat dari hasil campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempel bersama dengan memakai lem. Papan MDF mempunyai pori-pori yang rapat dan membuatnya sangat cocok untuk menjadi material utama furnitur seperti meja kecil.

  • Teakblock

Jenis triplek ini terbuat dari lembaran papan kayu Jati yang sudah ditumpuk menjadi satu. Kayu teakblock juga umumnya dipakai sebagai pelapis papan kayu karena tahan terhadap benturan dan perubahan kondisi cuaca.

  • Blockboard atau Triplek Meranti

Jenis triplek ini terbuat dari tiga buah susunan kayu yang berbeda-beda. Lapisan luar dari blockboard cukup tipis namun didukung dengan lapisan dalam yang tebal dan dibuat dari kayu akasia yang kuat dan solid.

  • Melaminto

Jenis triplek ini biasanya digunakan untuk menghias dan mempercantik papan kayu. Triplek ini mempunyai permukaan yang dilapisi oleh melanin dan polyester dan membuat tekstur luarnya menjadi mulus dan rapi.

  • Particle Block

Jenis triplek ini terbuat dari berbagai serpihan kayu yang sudah dicetak menjadi papan. Triplek ini memiliki kelemahan yaitu sangat rentan terhadap air dan bisa lapuk apabila terkena kelembaban yang tinggi.

  • Multiplek

Jenis triplek ini terbuat dari lapisan kayu yang sudah dipadatkan dengan mesin bertekanan tinggi dan membuatnya teksturnya menjadi rapat dan solid. Kayu multiplek juga mempunyai pori-pori yang sangat kecil dan termasuk ke dalam triplek yang tahan terhadap air.

  • Plywood WPC (Wood Plastic Composite)

Jenis teriplek ini memiliki keunggulan sepertiĀ  daya tahan terhadap benturan kuat, daya tahan yang baik terhadap air dan cenderung mudah dalam proses finishing.

 

Bagaimana ? sekarang Anda sudah mengetahui berbagai jenis dari triplek. Untuk kedepannya jika Anda ingin membangun rumah, Anda sudah mengetahui jenis triplek apa yang harus Anda gunakan. Semoga Bermanfaat !

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top