Edukasi Renovasi Rumah

Rumah merupakan salah satu jenis bangunan yang dapat dijadikan tempat tinggal oleh manusia selama jangka waktu tertentu. Keberadaan rumah sangat lah penting, terutama dalam memberikan rasa  kenyamanan dan keamanan, oleh karena itu dalam pembangunannya diperlukan faktor – faktor yang mendukung pembangunan rumah tersebut. Adapun faktor – faktor yang dibutuhkan adalah seperti :

  • Keadaan geografis tanah/lahan.
  • Keadaan lokasi.
  • Keadaan hukum dan peraturan yang berlaku di sekitar.
  • Kelengkapan sarana dan prasarana.
  • Kenyamanan lingkungan sekitar.
  • Penggunaan bahan – bahan dalam pembangunan.

Dengan mempertimbangkan faktor – faktor tersebut maka akan mempermudah seseorang dalam membangun rumah. Namun tidak dapat dipungkiri, rumah yang telah dibangun selama puluhan tahun bahkan hitungan tahun pun  dapat rusak, hal ini dikarenakan banyak faktor seperti :

  1. Perilaku penggunaan komponen rumah dalam kesehariannya
  2. Perancangan dan pengerjaan awal yang kurang baik
  3. Kesalahan dalam memilih produk bangunan
  4. Bencana alam seperti banjir, gempa, dsb

Oleh karenanya dibutuhkan perenovasian rumah, agar tidak memperparah kerusakan rumah. 

Renovasi rumah adalah kegiatan memperbaiki keadaan rumah yang rusak atau mengganti desain dalam rumah untuk mendapatkan kenyamanan dan keindahan yang dapat menjadi penyemangat tersendiri si pemilik rumah. Renovasi rumah dapat dilakukan dengan cara seperti mengganti warna dinding dengan cara menggunakan cat baru atau wallpaper, menggunakan kusen dan pintu baru, dsb.

Dalam melakukan perenovasian rumah pun tidak boleh sembarangan dilakukan, karena dapat mengubah kontur rumah  semakin lebih buruk, oleh karenanya dibutuhkan edukasi perenovasian rumah, agar rumah menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Adapun edukasi perenovasian rumah adalah dengan cara :

  • Cek Kondisi Bangunan secara Keseluruhan.

Lakukanlah pengecekan bangunan secara keseluruhan mulai dari  lantai, dinding, tiang penyangga, dan seluruh bagian rumah. Amati bagian mana yang mengalami kerusakan atau bagian mana yang ingin diganti, misal dinding rumah yang berjamur lakukanlah dengan cara  membersihkan dinding terlebih dahulu untuk menghilangkan jamur lalu lakukanlah pengecetan/pemasangan walpaper, begitu juga dengan kerusakan lainnya.

 

  • Mempelajari struktur yang dahulu. 

Dengan mempelajari struktur yang dahulu dapat membantu pemilik rumah dalam melakukan perenovasian rumah.

 

  • Berdiskusi bersama keluarga tentang rencana renovasi

Dengan cara melakukan diskusi, anggota kemungkinan akan memberikan solusi yang baik untuk rumah memperbaiki keadaan rumah, bagian mana yang harus diperbaiki dan bagian mana yang tidak harus diperbaiki.

 

  • Merencanakan bahan-bahan yang diperlukan

Perencanaan bahan bangunan sangat penting untuk menghindari penundaan perenovasian rumah dan juga untuk mengetahui harga yang dibutuhkan untuk bahan yang akan digunakan. Selain itu dengan merancang bahan, pemilik dapat membandingkan harga dan kualitas di beberapa toko material bangunan yang berbeda.

 

  • Mempelajari daerah tempat tinggal

Daerah dimana rumah kita berdiri adalah salah satu faktor utama dalam yang dapat membantu dalam perenovasian rumah. Jika daerah rumah sahabat adalah daerah rawan gempa, kamu harus memperkokoh/memilih bahan rangka yang kuat agar jika terjadi gempa rumah tidak akan hancur seluruhnya. 

 

  • Mengenali rumah sendiri.

Dengan mengenali rumah sendiri, pemilik pastinya tahu apa yang akan dibutuhkannya bukan hanya dalam jangka waktu singkat tetapi untuk jangka waktu panjang. Misal pemilik rumah tidak suka dengan keadaan berisik/ramai maka si pemilik rumah dapat membuat peredam suara dirumahnya, atau jika sipemilik rumah ingin rumahnya terlihat menarik di hadapan orang, si pemilik rumah dapat menggunakan perpaduan warna dan design yang unik.

 

  • Untuk Gaya hidup

Perenovasian rumah dapat juga digunakan untuk meningkatkan gaya hidup dan dapat dilakukan dengan membuat ruang baca, ruang bermain, ruang bekerja, taman, dsb.

 

  • Menggunakan bahan yang awet/tahan lama

Penggunaan bahan yang awet dan tahan lama adalah salah satu cara menghadapi segala macam bahaya dan dapat menghemat pengeluaran di masa yang akan datang

 

  • Mempertingkan keadaan faktor pendukung rumah.
  1. Mengetahui keadaan air. Dikarenakan air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia, keberadaan air ini sangat penting karena air dapat membantu manusia bertahan hidup. Oleh karena itu pemilik ruma harus mengetahui bak yang digunakan yang sesuai dengan lingkungan rumah, apakah rumahnya memiliki potensi air yang kecil atau besar.
  2. Mengetahui keberadaan alat yang terpasang sudah benar, atau belum seperti keberadaan pipa air, saklar listrik dsb.
  3. Memperbarui panel listrik. Dengan mengetahui kondisi panel listrik, si pemilik rumah dapat mencegah hal-hal yang diinginkan baik pada diri ataupun pada orang lain yang sedang berkunjung.

 

  • Mempertimbangkan untuk keberlangsungan di masa depan. 

Pastikan perenovasian rumah yang dilakukan sekarang ini, dapat bertahan hingga beberapa tahun yang akan datang, oleh karenanya gunakan rancangan dan bahan yang bagus untuk mendukung perenovasian agar tidak terjadi kerugian nantinya.

Oleh karenanya dalam melakukan perenovasian rumah, diperlukan mencari informasi yang bernilai edukasi untuk dapat membantu di pemilik rumah mempermudah dalam pekerjaan renovasinya, dikarenakan rumah merupakan tempat yang memerlukan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top