Manajemen Pergudangan dan Manfaatnya

Manajemen Pergudangan dan Manfaatnya

Manajemen Pergudangan dan Manfaatnya. Setiap perusahaan yang bergerak di penjualan barang atau distribusi barang yang bersifat massal akan membutuhkan gudang penyimpanan. Dengan beragamnya jumlah maupun jenis barang maka adalah jamak bila hal itu di barengi juga dengan Manajemen Pergudangan yang baik. Warehouse Management yang baik akan berkontribusi terhadap kelangsungan dan perkembangan perusahaan secara keseluruhan.

Pengertian Manajemen Pergudangan

Dari beberapa sumber yang admin simak, pengertian Manajemen Pergudangan sendiri adalah suatu tata kelola penyimpanan barang dan persiapan pendistribusiannya. Sehingga barang yang tersimpan tetap dalam keadaan baik dan barang yang didistribusikan kepada user akan tepat waktu, spesifikasinya benar, dan dengan jumlah yang sesuai.

Pelaksanaan dan Variasi Manajemen Pergudangan

Pada perusahaan yang kuantitas dan dinamika barang yang besar, Manajemen Pergudangan dibentuk dalam Divisi khusus yang mengelolanya. Divisi ini bertugas mengelola mulai dari barang masuk, disimpan dan dikeluarkan dari Warehouse, serta bekerjasama dengan divisi-divisi lain dalam perusahaan tersebut. Bagian lain yang erat kaitan koordinasi kerjanya dengan gudang biasanya adalah Marketing, Purchasing Security dan Delivery.

Namun demikian dengan perkembangan dunia internet seperti sekarang, Pergudangan memiliki penambahan dan variasi dalam lingkup kerjanya. Hal ini dimulai oleh Amazon, perusahaan Ecommerce terbesar di dunia asal AS. Amazon secara diam-diam membuat sistem pergudangan dengan istilah Fulfillment Center yang tidak mengelola pergudangan tapi juga secara garis besar mengatur lebih serius Pengemasan dan Pengirimannya. Amazon memiliki lebih dari 20 Fulfillment Center yang tersebar di negara-negara bagiannya.

Manajemen Pergudangan dan Manfaatnya 02

Manfaat Manajemen Pergudangan

Variasi dari Pergudangan yang disebut di paragraf sebelumnya mungkin akan mimin bahas di kesempatan berbeda. Kali ini mimin akan uraikan manfaat dasar dari Manajemen Pergudangan yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga Jumlah Barang dan Kondisinya. Maksudnya adalah tim yang diberi tanggung jawab ini memiliki tugas melakukan pengendalian terhadap kuantitas dan kualitas barang. Mulai pengendalian jumlah & kondisi barang masuk, barang tersimpan maupun yang akan keluar dari gudang. Khusunya barang yang sedang tersimpan, akan sangat baik bila dilakukan pengecekan tersebut secara periodik. Baik pengecekan terjadwal maupun tak terjadwal.
  2. Menjaga Keberadaan dan Keamanan barang. Kondisi barang adalah utama, namun akan sia-sia bila kondis tidak aman. Inilah mengapa tim gudang memerlukan kerjasama dengan bidang lain, dalam hal ini bidang keamanan atau Security. Karena pada praktiknya, manajemen semacam ini juga mengatur lalu lintas logistik maupun peralatan keluar masuk gudang. Selain itu, tim gudang juga menyiapkan situasi yang aman dengan cara atau sistem yang sebaiknya didiskusikan dengan bagian security dan manager perusahaan.
  3. Memaksimalkan Pelayanan Distribusi/Pengiriman. Dengan pengelolaan Manajemen Pergudangan yang baik maka akan turut membantu meningkatkan pelayanan pendistribusian barang (utamanya perusahaan distributor atau grosir) dan pengiriman ke user. Hal ini terjadi karena barang-barang sudah melaui cek dan ricek sebelum pengiriman sehingga meminimalkan salah kirim dan kerugian karena retur atau bahkan karena potensi pembatalan order.
  4. Menyediakan Informasi Lengkap. Manajemen pergudangan tidak hanya tentang bagaimana kualitas, kuantitas, serta keamanan suatu barang dari suatu gudang. Lebih dari itu, akan bermanfaat juga untuk membantu menyediakan data atau informasi penting terkait stock barang dan lalu lintas keluar masuknya barang. Informasi semacam ini sering kali jadi patokan oleh divisi lainya seperti bagian penjualan dan lain-lain. Jadi apabila manajemen pergudangan tidak di terapkan dengan benar, perusahaan tidak akan memiliki acuan yang tepat untuk sebagai bahan membuat laporan administrasi divisi lainnya.
Kesimpulan

Dari uraian mimin tentang Manajemen Pergudangan dan Manfaatnya tersebut, bisa kita simpulkan bahwa menerapkannya di suatu perusahaan (yang mengelola banyak barang) adalah keharusan. Sehingga salah satu syarat agar perusahaan tersebut Sustain sudah terpenuhi. Demikian sedikit tulisan dari mimin. Semoga bisa membantu Sahabat Indo Material dalam pengelolaan bisnis yang mungkin sahabat sedang rintis sekarang. Btw satu lagi. Manajemen Pergudangan tak hanya berlaku untuk perusahaan yang bergerak di penjualan langsung atau distribusi tapi juga bermanfaat pada bidang usaha lainya. Mimin ambil contoh semisal perusahaan Kontraktor. Pada fase tertentu sebuah Kontraktor membutuhkan Manajemen Pergudangan yang baik bila sedang mengerjakan proyek berskala besar. Gudang proyek atau gudang Logistik akan menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Pergudangan agar lalu lintas barang material bisa terkendali dan aman.

 

Adaptasi dari beberapa sumber dan artikel di mutiaramutusertifikasi.comĀ 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top