Mengenal Jenis Dan Fungsi Wall Panel

Dinding rumah Anda terlihat lusuh dan tidak menarik, tapi malas untuk mengecat ulang tiap tahun untuk memperbarui tampilannya. Anda bisa menggunakan wall panel untuk mempercantik dan terlihat artistik dinding hunian anda. Memasang wall panel juga dapat menjadi cara menutupi kerusakan yang ada di dinding karena cat yang memudar, lapisan semen yang rontok, ataupun adanya lubang dinding.

Wall panel dapat menjadikan hunian terasa lebih homey karena bersifat dekoratif yang mencerminkan karakter pemilik atau penghuninya. Anda bisa menambahkan unsur pada dinding, lantai, perabot, maupun yang lainnya. Unsur pada dinding bisa dipertimbangkan, sebab bisa menghemat budget tanpa perlu memajang hiasan dinding dan menambah perabot berlebihan.

Wall panel merupakan lembaran papan yang memiliki motif dan struktur tertentu. Biasanya, wall panel berbentuk 3D sehingga membuat dinding menjadi lebih bervolume. Ketebalan dari tiap lembar wall panel beragam, mulai dari 8 mm sampai 15 mm. Bahkan, jika anda memesan secara custom, anda bisa memperoleh wall panel dengan ketebalan 18 mm. Pemasangan wall panel pun cocok untuk semua gaya hunian, baik itu desain yang sederhana, minimalis, modern, ataupun desain Japandi (Japanese Scandinavian).

Wall panel memiliki beragam bahan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Sebelum membeli, sebaiknya anda simak dulu artikel ini untuk mengetahui kelebihan masing-masing.

  • MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF (Medium Density Fiberboard) yang juga dikenal dengan tile board. Dengan lapisan melamin di atasnya, panel MDF terlihat seperti ubin keramik biasa. Sebagai bahan dasar, MDF dapat digunakan untuk interior ruangan dengan kualitas yang baik. Bahan ini lebih cocok di dapur, toilet, bak mandi, dapur, kafe, dll. Panel ini cukup mudah dan cepat untuk dipasang. Semakin kecil ukuran panel maka semakin banyak jumlah bingkai yang diperlukan sehingga menjadi lebih rumit. Harga yang dipatok lebih mahal dibanding bahan lain. Anda akan mendapat desainĀ  mewah dan elegan dengan material ini.

  • Fiber plant

Bahan kedua adalah fiber plant. Dibanding dengan MDF, bahan ini lebih ekonomis dan juga ramah lingkungan. Fiber plant terkenal akan sifatnya yang bisa didaur ulang dan tidak menggunakan pohon dalam pembuatannya.

  • GRC

GRC (Glass Reinforced Concrete) atau dikenal juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. Bahan wall panel ini terbuat dari campuran beton dan serat kaca yang berdaya tahan tinggi dan tahan alkali. Dibandingkan dengan alternatif panel beton lainnya, GRC memiliki bobot yang lebih ringan. Selain berfungsi sebagai insulasi panas dan suara yang ideal, material ini juga tidak mudah terbakar ataupun meledak sehingga dianggap sesuai untuk bangunan aman dari bencana alam.

  • Gypsum

Papan gypsum terbuat dari campuran bahan kertas. Tidak seperti bahan panel 3D pada umumnya, papan gipsum memiliki ketebalan yang tipis yaitu sekitar 9-15 mm. Proses instalasi gypsum mudah karena bobotnya yang ringan. Selain itu, gypsum terkenal akan kemampuannya dalam meredam suara. Material bangunan berwarna putih ini cocok digunakan pada interior dinding kantor, ruang studio musik atau home theater. Jika gypsum mulai berdebu atau kotor, Anda cukup membilas menggunakan kain lap setengah basah atau menyedotnya. Namun, gypsum tidak tahan air sehingga tidak disarankan untuk diaplikasikan pada dapur dan kamar mandi. Selain tidak tahan air, material ini juga mudah rapuh. Gypsum yang berumur akan melemah sehingga harus diganti.

  • Beton konkret

Bahan terakhir adalah beton konkret yang memiliki sifat kuat, tahan perubahan cuaca ekstrem, tahan lama, dan tidak mudah rusak sehingga ekonomis. Bahan wall panel ini digunakan pada Mosaicart dengan kekuatan setara beton K150. Hadir dalam bentuk fragmen kecil yang indah yang dapat dipadukan dan dicocokkan untuk membuat konfigurasi unik untuk membuat dekorasi dinding 3D yang indah dalam sekejap. Beton konkret memiliki karakteristik yang sama seperti dinding beton, oleh karena itu dapat diaplikasikan untuk dinding dalam maupun luar ruangan. 3D Wall Panel Mosaicart dilapisi dengan coating tahan air yang sangat mudah dibersihkan dan berumur panjang seperti umur bangunan.

 

Jadi itulah beberapa jenis dan fungsi wall panel, berhubung bahan panel dinding 3D sangat banyak, maka Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Selain itu Anda perlu mengutamakan kualitas terbaik untuk hasil terbaik.

 

Sumber:

Yuk Kenali 5 Jenis Bahan Wall Panel untuk Rumah Anda

https://www.dekoruma.com/artikel/128330/fungsi-dan-jenis-wall-panel

https://pin.it/254GLcL

 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top