Pengenalan Interior Gaya Industrial 01

Pengenalan Interior Gaya Industrial

Pengenalan Interior Gaya Industrial. Gaya ini mengacu pada tren estetika dalam desain interior yang mengambil petunjuk dari pabrik tua dan ruang industri yang dalam beberapa tahun terakhir telah diubah menjadi loteng dan ruang lainnya. Komponen gaya industri meliputi kayu lapuk, sistem bangunan, bata ekspos, perlengkapan pencahayaan industri dan beton. Estetika ini menjadi populer di akhir tahun 2000-an dan tetap disukai hingga sekarang.

Material & Lokasi

Gaya industrial juga terlihat pada penggunaan material yang tidak terduga pada bangunan. Misalnya kontainer peti kemaspun sekarang tergunakan dalam arsitektur untuk rumah dan ruang komersial. Gaya desain Industrial juga sering terdukung oleh Lokasi dari ruangannya. Paling sering ditemukan di daerah perkotaan misalnya area loteng. Ini adalah lokasi utama karena mereka menyediakan hampir ruang kosong bagi pemilik rumah untuk memulai dengan desain baru. Lokasi-lokasi seperti ini juga mengandung beberapa elemen kunci yang untuk mencapai gaya desain ini termasuk batu bata dan pipa ekspos, lantai beton, dan jendela besar yang terbuka. Elemen-elemen ini membantu memberi ruang nuansa “gudang” yang merupakan tujuan akhir dari gaya desain Gaya Industrial ini. Gaya ini menggabungkan beberapa material “setengah jadi” dan ekspos untuk memberikan kesan atau nuansa ruangan yang “belum selesai”.

Warna

Untuk mencapai nuansa industri, menggunakan palet warna alami adalah rekomendasi. Perpaduan warna abu-abu, netral, dan rustic (kesan berkarat) terlihat di ruang-ruang ini. Warna-warna sederhana ini memungkinkan penggunaan furnitur dan aksesori lain untuk berperan “menghidupkan” ruangan. Selain itu, memiliki dinding dengan warna netral memungkinkan area terbuka seperti loteng terasa lebih besar dan lebih terhubung. Furnitur juga sangat membantu untuk menciptakan aliran alami ruangan.

Luas

Ruangan besar adalah hal pokok untuk menciptakan interior bergaya industrial. Ini karena bisa membantu fleksibilitas dalam mengatur ruangan maupun bisa membagi untuk space ruang tamu. Ini penting karena ruang seperti loteng cenderung sangat terbuka. Untuk menciptakan ilusi beberapa ruangan, sebuah bagian dapat membantu menghalangi aliran dan menentukan ruang tamu yang terpisah.

Cahaya

Sejauh kreasi dalam pencahayaan, desainer atau pemilik rumah banyak menyukai lampu lantai. Namun perlengkapan lampu apa pun dengan lapisan logam cocok dengan gaya industrial ini. Jendela besar yang terbuka juga membantu membawa cahaya alami di siang hari. Cahaya dari jendela besar tersebut juga bisa sangat bermanfaat untuk ruang yang lebih kecil. Perlengkapan lampu di atas juga dapat memberikan suasana industri pada area tersebut, terutama di dapur.

Pulau Dapur

Untuk memberikan tema industrial yang lebih kuat, banyak pemilik rumah menggunakan Pulau Dapur. Mimin sebut “pulau Dapur” karena belum menemukan padanan yang pas dalam Bahasa Indonesia. Anyway, pulau-pulau ini cenderung terbuat dari kayu reklamasi atau bahan alami lainnya. Sebuah pulau dapur juga dapat berkontribusi dalam memisahkan ruangan besar dan menyediakan area dapur yang jelas. Pulau dapur dapat berpasangan dengan kursi selayaknya meja dapur. Bisa berupa kursi bar yang terbuat dari kayu atau mengandung lapisan logam. Rak dan penyimpanan berwajah terbuka adalah hit besar ketika datang ke dapur dengan gaya industrial. Rak besi juga dapat memberikan penyimpanan ekstra dan dapat bermanfaat di ruangan yang lebih kecil. Jika mereka memiliki roda, mereka dapat melakukan banyak tugas. Misalnya, rak rendah di atas roda dapat berfungsi sebagai meja komputer suatu waktu atau fungsi yang lain di waktu yang berbeda.

Material & Aksen

Balok di atas kepala yang, batu bata dan beton ekspose adalah aksen penting bisa sangat menunjang interior bergaya industrial ini. Lantai berwarna lebih terang atau beton yang mendapat polesan adalah salah satu cara untuk memasukkan gaya ini ke dapur. Namun untuk memodernisasi tampilan yang agak kasar ini, ubin dekoratif terlihat bagus di tempatkan di area utama semisal ruang tamu atau dapur. Ubin sebagai backsplash dapat membantu menciptakan sentuhan modern dan membantu menghidupkan ruangan.

Eksterior ?

Awal mula dari Gaya Industrial, menurut mimin adalah berangkat dari penataan atau gaya interior. Bukan berangkat dari eksterior. Namun pada perkembangannya orang banyak menyebut suatu desain rumah dan bangunan lainya sebagai Gaya Industrial. Bila mimin menemukan referensi yang pas, mimin akan bahas mengenai desain eksterior Gaya Industrial pada artikel yang berbeda. Hanya untuk Sahabat Indo Material 🙂

 

Pengenalan Interior Gaya Industrial dibuat admin dari referensi beberapa sumber, termasuk furniturepipeline.com & wikipedia

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Keranjang Belanja
Scroll to Top